Cara Memilih Keywords Yang Dicari Banyak Orang

Untuk mngenai hal seperti ini sebenarnya sangat mudah. Hanya saja tidak sedikit dari sahabat blogger yang mengabaikan atau melupakan tahapan ini sebab dianggap kurang penting. Padahal tahapan ini amat penting, sebab proses inilah yang akan membuat potensi jumlah trafik blog kalian.

Kalian boleh saja menulis tentang artikel yang membahas topik sama dengan jumlah kata yang juga serupa. Tetapi hal itu tak menjamin jumlah trafik yang sama sebab perbedaan 1 keywords saja bisa cukup berarti.

Jadi bila kerjanya sama saja, mengapa tak berusaha membidik keywords yang mendatangkan lebih banyak trafik?

Memilih Keywords Terbaik Untuk Label Blog

Usai kalian memahami apa itu SEO, kemudian memasang SEO tools terbaik, dan  memilih themes blog, maka waktunya tuk menetapkan keywords terbaik yang kalian bidik untuk blog kalian.

Sebagai sample kasus, admin akan memberikan simulasi pemungutan keywords untuk membangun blog dengan tema RUMAH. Sebagai langkah awal mari kita nikmati brainstorming ide lebih dulu. Menurut kalian apa yang bakal dicari orang-orang yang bergerak di bidang pembangunan ini?

Telah admin coba pikirkan beberapa saat lamanya, maka keywords yang tidak sedikit melintas di kepala admin, yakni: Semen, keramik, pacul, truk, pasir putih dan pasir hitam, Teknik konstruksi, cara konstruksi rumah, dan Harga Jual. Semua yang ada di atas dapat admin gunakan sebagai label dari blog RUMAH ini. Jadi admin akan mencatat ide-ide tuk label ini di selembar kertas.

Mengembangkan Label Menjadi Keywords Artikel

Sekarang waktunya menjalankan proses lebih lanjut, ialah mengubah label-label diatas jadi keywords yang sedikit spesifik tuk konten-konten. Di sini tidak sedikit orang yang menghandalkan perasaan saja, satu diantaranya adalah “Kayanya ini nih, keywords yang cocok untuk dilafalkan semua orang”

Sebetulnya dalam hal ini menggunakan perasaan saja tak cukup, kita wajib memakai mesin pembantu, semacam Google External Keyword Tools, dan Google Pencaharian tentunya. Di sini admin hanya bakal mengembangkan label KONSTRUKSI RUMAH jadi beberapa keywords artikel. Rupanya hasil dari mengembangkan ide kata KONSTRUKSI RUMAH di Google External Keyword Tools memberi hasil beberapa ide baru.

Dari sini sudah bisa terlihat bahwa blog ini bakal memiliki pengembangan yang amat luas sekali. Baru problem KONSTRUKSI RUMAH saja sudah dapat melebar ke smua penjuru, apa lagi bila semua label telah dikembangkan. Disamping itu kita pun bisa melihat bahwa keywords ini memiliki pencarian yang cukup tiap bulannya. Jika kita mampu membangun blog yang memiliki reputasi terbaik, maka peluang tuk memperoleh puluhan ribu pengunjung per harinya masih di buka lebar.

Jadi silahkan kerjakan pengembangan-pengembangan tuk label yang lain lebih dulu. Usahakan untuk mendapatkan paling sedikit 20 keywords di semua label. Dengan begitu kalian tak akan kehabisan ide artikel tuk berbulan-bulan lamanya.

Omong-omong bila membicarakan problem label, admin jadi teringat pertanyaan sesosok komentator beberapa waktu lalu, yakni …..”apa saya selesaikan satu label dahulu barulah membuat label yang baru atau saya buat satu artikel tuk semua label lebih dulu?” Menurut admin, jauh lebih baik bila kalian membuat satu artikel tuk semua label, hingga semua link label dapat terpasang semenjak awal sebelum kalian mulai mendapatkan backlink.

Sekiranya kalian menyelesaikan satu label lebih dulu, maka di saat kalian akan membuka label baru kalian akan menambahkan 1 link tambahan yang bermain di setiap halaman. Penambahan link yang bermain di semua halaman ini bakal mengguncang trafik artikel yang telah ada.

Memilih Antara Dua Kata Memiliki Makna Yang Sama

Disamping problem label di atas, ada problem lain yang kerap dialami ketika mulai membuat artikel, ialah menentukan akan memakai keywords yang serupa maknanya, misalnya “Berlibur ke Pulau Tidung” atau “Liburan ke Pulau Tidung” yang mana akan digunakan? Bila admin mengalami problem seperti ini, maka admin pertama-tama menentukan keywords yang mengandung pencaharian terbanyak. Namun andai nyatanya pencarian terbanyak itu dikuasai blog-blog dengan reputasi yang sangat baik, maka admin akan memilih pilihan yang sedikit pencarinya.

Yang harus kalian ingat merupakan lebih baik jadi juara 1 di keywords yang hanya dicari 1.000 orang per bulan, dibanding jadi juara 15 di keywords yang dicari 20.000 orang per bulan.

Gunakan Long Tail Keywords

Sangat sulit bila kalian sebagai pemilik blog baru berjuang mengendalikan keywords yang terdiri dari 2 kata dan 3 kata. Sebagai contoh, saat kalian berusaha menguasai keywords “semen putih”, maka kalian perlu optimasi yang serius berat.

Lain halnya bila kalian mengembangkan keywords semen putih tadi jadi beberapa keywords panjang semacam: cara mudah bikin semen putih, semen putih terbaik untuk konstruksi rumah, dan semacamnya. Akan jauh lebih sederhana untuk menguasai posisi pertama dengan memakai long tail keywords.

Jadi daripada mecetak 1 artikel dengan memakai keywords pendek, jauh lebih baik membuat 5 artikel dengan variasi keywords panjang yang berbeda-beda.

Rangkuman dari atas tadi untuk tidak membingungkan pikiran kalian ada dibawah:

  1. Nikmati pemilihan ide-ide tuk label.
  2. Riset keywords untuk mengembangkan tiap label.
  3. Jika mampu mendapatkan keywords yang ramai pencarinya bakal baik sekali untuk jumlah trafik.
  4. Namun jika kompetitor dirasa begitu kuat, jangan ragu tuk melirik keywords yang lebih mudah persaingannya, meskipun pencarinya lebih sedikit.
  5. Cobalah memungkinkan variasi keywords long tail, tuk membuat total optimasi kalian jadi lebih cepat.

Sampai di sini diharapkan kalian cukup mengantongi ribuan keywords tuk dikembangkan ke depannya. Berarti sudah masanya tuk membuat blog kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *