Cara Memeriksa Blog Bermasalah Dalam Perayapan

Perayapan atau crawling adalah problem yang sangat besar dalam upaya mendapatkan ranking di Google. Bila blog ada masalah dalam hal ini, maka otomatis blog anda juga bakal sulit tuk mendapat ranking. Bagaimana cara mengecek seluruh halaman yang ada di dalam web atau blog anda?

Untuk mengerjakan ini anda dapat memakai software screaming frog SEO spider. Tools ini mirip seperti program robot yang akan memantau semua halaman yang ada di web anda. Dengan itu program tadi bakal memberi laporan yang detail tuk halaman-halaman web anda.

Pilih screaming frog relevant dengan sistem operasi di komputer anda, lalu install. Bila program tersebut sudah terinstal silahkan coba tuk menjalankannya. Jika komputer yang dipergunakan belum memiliki program JAVA, maka screaming frog pasti meminta supaya program JAVA ini di Install lebih dulu. Anda bakal diberikan link tuk melakukan hal semacam itu.

Tiba masanya anda telah siap memanfaatkan Screaming Frog SEO spider tuk memantau jika blog yang anda bangun bermasalah dalam hal perayapan atau tidak. Caranya cukup mudah, anda cukup memulai program ini dan mengetikkan URL anda kemudian klik Start, berikutnya program ini akan bekerja langsung dengan sendirinya.

2 tab di atas ialah tuk melihat seluruh link internal, sementara 2 kolom yang di bawah tuk melihat status code dari tiap-tiap URL. Anda perlu memeriksa apa ada problem perayapan baik di internal link ataupun external link. Jangan sampai ada broken link . Sebab hal itu mampu mempengaruhi keadaan pengunjung di web anda.

Seperti anda lihat pada gambar tentang screaming frog SEO spider nanti. Ada sebuah halaman dari SEO yang tak dapat dijumpai. Umumnya kolom status code itu bakal memampang kode 200 – OK paling di atas. Jadi tuk menampakkan halaman-halaman bermasalah cukup klik bar status code 2 kali.

Sebetulnya tak ada tindakan yang harus anda ambil hanya bila anda mendapatkan kode 301, 302 ataupun 404. Anda sekedar perlu mempertimbangkan jika kodenya ialah 500 ataupun 5XX yang lainnya, lantaran hal itu menandakan ada problem dengan server yang anda pergunakan. Jika server anda bermasalah alias sering drop maka ranking anda pun akan naik turun di tempat, sebab permasalahan didalam perayapan itu begitu mempengaruhi result Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *