Cara Membuat Website Sendiri dengan CMS WordPress

Cara membangun website sendiri dengan memanfaatkan wordpress sebetulnya cukup sederhana. Admin akan coba menjelaskannya di artikel iini. Yang harus diketahui adalah, bahwa di awalnya wordpress diketahui sebagai suatu platform blog semata, namun hari ini wordpress telah jadi brand CMS ataupun Content Management System yang amat terkenal.

Apa itu CMS?

Content Management System atau CMS adalah program komputer , biasa disebut sebagai software. Software install wordpress bakal menyokong kalian membuat website tanpa musti memiliki keahlian bahasa pemrograman tuk HTML, CSS, atau apa saja yang semacam itu. Dengan software CMS dari wordpress itu kalian dapat mengelola teks, gambar, video, audio, dan sejumlah media yang lain jadi sebuah tampilan website dengan sederhana.

WordPress tersebut Software CMS? Alih-alih Blog seperti Blogspot?

Sebelum kalian bingung lebih jauh lagi, maka di sini kalian diwajibkan mengenal 2 jenis wordpress:

-Wordpress.com

Adalah wordpress yang mana kalian bisa mengerjakan blogging dengan konten yang dihost secara gratis, namun dengan begitu sejumlah batasan. Jika kalian mau “kelonggaran” kalian dapat melakukan upgrade akun kalian.

-Wordpress.org

Merupakan situs komunitas kaum pengguna software CMS dari wordpress. Di sini pula kalian dapat download software CMS terbaru dari wordpress yang dapat membantu kalian menjadikan website dengan membayar hosting pribadi dan jelas saja nama domain sendiri. Jadi bila kalian mau membangun website sendiri, maka wordpress.org merupakan situs yang musti coba kalian kunjungi.

Pada dasarnya wordpress.org menawarkan software yang serupa dengan yang dimanfaatkan terhadap wordpress.com hingga kalian dapat berlatih lebih dulu terhadap wordpress.com. Usai kalian cukup terbiasa maka memanfaatkan software CMS dari wordpress bakal memberikan kalian kendali penuh tuk mengolah banyak hal dari website kalian.

Terlebih lagi bila kalian telah terbiasa dengan bahasa pemrograman PHPatau kepanjangan dari Personal Home Page. Walaupun tidak demikian, jangan khawatir sebab kala ini terdapat begitu banyak tersedia plugin yang dapat menyokong kalian mendapat fungsi yang kalian inginkan.

Langkah Pertama Membangun Website: Miliki Sebuah akun untuk akun Hosting dan nama Domain. Untuk ini kalian musti menghubungi sebuah web hosting tuk membangun sebuah akun dengan pesan sebuah paket hosting dan nama domain itu sendiri. Apa itu web hosting? Adalah suatu server yang mana kalian bakal menyimpan file-file website kalian di internet hingga dapat diakses oleh setiap orang.

Berikut adalah sejumlah nama agency jasa web hosting di Indonesia yang dapat kalian googling dan hubungi Customer Service tuk mendapat panduan cara mempunyai sebuah akun pada hosting mereka. Masukkan saja alamat di bawah ini tuk mengunjungi web mereka. Seperti NiagaHoster, IDWebhost, DhyHost, Ardhosting, dan MasterWeb.

Usai kalian berhasil membangun Sebuah akun web hosting dan sekurang-kurangnya Satu nama domain di salah satu layanan dari atas, maka kalian boleh langsung memulai membuat situs pertama kalian dengan memakai wordpress. Tuk melakukan ini, kalian dapat menggunakan CPanel dengan auto installer softwarenya tuk install wordpress terhadap akun web host dan nama domain yang kalian pilih. Berikut dibawah ialah panduan sederhananya.

Menginstall WordPress Pada CPanel

Awal masuk ke CPanel dari domain kalian. Silahkan ketik namadomain.com/cpanel di address bar salah satu browser kalian kemudian enter. Input username dan password yang kalian miliki. Sudah masuk ke dalam CPanel? Sekarang arahkan kursor kalian ke dalam kolom software dan temukan aplikasi fantastico de luxe.

Nantinya bakal muncul layar setting fantestico de luxe. Pilihlah kepada pilihan blogs pilihan wordpress dan input data yang diberikan tuk mulai memungkinkan website wordpress kalian di nama domain yang sudah kalian miliki.

Tunggu beberapa saat hingga install wordpress tuntas. Usai itu llau klik Finish Instalation. Saat ini penginstalan wordpress di nama domain kalian telah tuntas dilakukan. Saat ini pembuatan website kalian dengan memakai CMS WordPress telah selesai. Kalian dapat membuka website dengan ketik nama domain kalian di address bar dalam browser.

Jadi kira-kira begitulah bentuk desain awal dari web yang kalian buat dengan CMS wordpress. Untuk kalian yang terbiasa dengan blogspot barangkali bertanya-tanya. Bila diinstall seperti itu ke hosting, kemudian dari mana mampu masuk ke dashboard blognya? Sederhana saja kalian cukup memasukkan wp-admin di belakang URL domain kalian tuk masuk kedalam dashboard dari website yang baru kalian buat ini.

Contoh:

Bila domain website kalian adalah http://berempeng.com/, maka dashboard website tuk mengelola settingnya ada di http://berempeng.com/wp-admin/ . Ketika mengakses halaman tersebut kalian musti menjalankan login lebih dulu dengan mengetikan username beserta password tuk akun domain yang kalian pasang website wordpress tadi. Bila kalian mengetikan data yang benar, maka kalian bakal menemukan halaman dashboard website kalian yang boleh digunakan tuk mengelola tampilan serta fungsi kerja dari website kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *