Cara Kerja Search Engine Google Dengan Freshbot dan Deepbot

Dalam upaya tuk mengerti cara kerja dari search engine, maka amat perlu tuk mengenal yang julukannya bot search engine. Robot tersebut ialah mesin yang digunakan oleh search engine tuk melakukan perayapan ke laman-laman web di internet secara otomatis.

Robot itu dari sisi fisik ditampilkan seperti serangkaian super komputer yang membuka halaman website dan menjelajahi apa saja yang terdapat di halaman website itu. Baik konten On-Page ataupun linknya. Tujuan inti dari Google membangun robot itu ialah tuk memudahkan tuk download sebanyak mungkin halaman website di internet kedalam algoritma mereka menjadikan mereka dapat menjalankan perhitungan yang cukup kompleks dengan sangat cepat.

Jadi dapat kalian bayangkan sebesar apa server Google yang digunakan tuk tempat untuk menyimpan triliun halaman web yang disediakan di internet kala ini? Kira-kira semacam inilah server data dari google, yang digunakan tempat untuk menyimpan data dari internet.

Server Google di Iowa

Satu hal yang tentu kalian tahu ialah jumlah dari laman di internet makin bertambah, dan amat dinamis. Laman-laman web yang sudah lama adapun tengah terus mengerjakan update ataupun inovasi terbaru. Hal itu yang membangun bot Search engine pun terus bekerja secara periodik tuk membukukan laman-laman baru dan mengindeks inovasi terhadap halaman-halaman lawas.

Di saat kalian mengerjakan SEO, maka kalian musti memahami siklus kerja dari bot Search engine, supaya kalian tahu kapan hasil kerja kalian menunjukkan hasil. Tuk itu kalian musti berkenalan dengan 2 bot Google, yakni freshbot dan deepbot.

Apa itu Freshbot?

Adalah robot yang berfungsi tuk mengindeks konten baru yang terdapat di suatu website. Robot tersebut bekerja berdasarkan frekuensi update dari suatu website. Makin sering website ini mengerjakan update, maka freshbot bakal makin meningkatkankan tingkat perayapannya terhadap website itu sendiri.

Hal itu yang menjadikan terdapat website ketika mengerjakan update butuh waktu berhari-hari tuk terindeks. Namun ada pula website yang sekedar memakan waktu sedetik saja tuk terindeks. Makin tinggi tingkat update dari website kalian dengan konten fresh, dan menarik, maka Google bakal memandang bahwa website kalian memang sangat fokut tuk dikelola.

Jadi ketika kalian mengerjakan SEO, waktu pengindeksan itu sangat vital. Banyak website yang saat pengindeksannya amat lama menderita kerugian sebab kontennya diambil oleh website lain yang memiliki waktu indeks kian cepat. Dampaknya dalam sistem Google bahkan pembuat aslinya yang jadi duplikat, sebab terindeks terakhir.

Tuk terhindar dari hal tersebut sebaiknya kalian tak mengaktifkan dulu feed dari blog kalian tuk mencegah dalam upaya pencurian konten. Kalian dapat mengaktifkan feed dari blog kalian ketika tingkat perayapan dari blog kalian telah cepat.

Apa itu Deepbot?

Adalah robot yang merayapi internet 1 bulan satu kali tuk mengindeks inovasi sebab update di suatu halaman web. Bila kalian bertanya apa saja yang diindeks oleh deepbot, maka hal itu meliputi semuanya. Hal itu semacam download ulang laman dan menghapus data halaman yang lawas. Kalian dapat melihat data terbaru yang didownload oleh deepbot dari cache yang ada di Google.

Jadi bila kalian menjalankan update didalam proses SEO yang kalian lakukan, maka kalian musti menanti deepbot singgah ke laman web itu tuk melihat hasil dari penerapan update itu. Hal yang mirip berlaku pula tuk backlink, sebab backlink kalian menempel di laman web orang lain. Jadi musti menanti deepbot mampir di laman web itu.

Jadi jangan seketika mengamuk mengingat memasang backlink tetapi website kalian tak mendapati perubahan peringkat di SERP. Semua itu musti menanti deepbot beraksi. Bahkan kalian harus tahu jika halaman website yang telah amat tua membutuhkan waktu yang lebih lama, bahkan berada backlink yang baru terindeks ketika satu tahun. Kasus seperti itu memang cukup jarang terjadi, namun bisa saja terlaksana suatu saat.

Mengatur Pergerakan Robot Google Di Halaman Web Anda

Google merupakan satu dari sekian banyak agency yang menghormati kalian selaku penggiat website. Bila kalian melarang bot menelusuri sebuah halaman web, maka robot itu tak akan sampai kepada halaman web kalian. Cara tuk melakukan hal itu cukup sederhana yakni dengan mengatur robots.txt di halaman web kalian.

Cara mengelola robots.txt didalam merayapi laman web kalian itu amat perlu tuk dilihat sebab dapat cukup menentukan kesuksesan atau kegagalan dari tahap-tahap SEO yang kalian lakukan. Kalian musti paham laman-laman apa saja yang harus diblokir.

Umumnya halaman yang harus kalian blokir ialah halaman yang dapat memungkinkan timbul duplikat konten. Biasanya terjadi terhadap website-website yang menyediakan sejumlah versi tampilan semacam HTML, print view, dan pdf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *