Cara Buat Blog SEO-Friendly

Sebetulnya agak sulit tuk blogger pemula. Jadi untuk sahabat blogger yang terbilang baru di dunia online, mungkin kalian butuh waktu sedikit lama tuk memahami upaya ini. Bila mau cara cepat kalian boleh mengeluarkan budget kira-kira Rp.30.000 tiba Rp.50.000 tuk sewa jasa membuat blog yang SEO-friendly.

Caranya mungkin agak sangat banyak, jadi dimohon untuk para pemula dicermati supaya kalian menjadi blogger yang professional nantinya.

Memilih Domain Gratis Atau Domain Premium

Di tahap ini kalian diposisikan tuk memetik keputusan apa harus ambil domain gratis atau domain premium. Sebetulnya ada apa dengan pengaruh domain gratis maupun domain premium kedalam masalah SEO?

Dalam hal SEO, menyeleksi nama domain yang mengandung keywords amatlah menguntungkan, tapi di faktor lain pun bakal menaruh tuntutan yang tinggi tuk menyediakan konten yang betul-betul berkualitas. Bila tidak kalian akan dapat mengalami algoritma Exact Match Domain atau disingkat EMD.

Bila kalian tak yakin dapat memberikan konten berkualitas tuk topik tertentu, jauh lebih baik menggunakan nama domain yang general, dan domain gratis. Tapi jika kalian yakin serius dalam menguasai materi itu, maka jauh lebih menguntungkan ketika kalian menggunakan domain yang mengandung keywords.

Apa keuntungan dari memakai domain sendiri atau premium? Sejatinya ada banyak keuntungan darinya. Kalian bisa mengurangi kompetisi dengan sesama domain blogspot. Kalian pun akan sedikit mudah pulih dari pengaruh hacking. Blog kalian akan terkesan lebih professional dan bebas dari pemantauan Google mengenai panduan kualitas konten. Jadi kalian lebih secure dari kebiasaan Blogger yang gemar main hapus bila kalian melanggar TOS mereka.

Memilih nama URL

Seperti yang sudah dituliskan barusan, URL yang mengandung keywords bisa jadi bakal amat menguntungkan kalian bila kalian menguasai topik tersebut. Tetapi bila kalian tidak begitu menguasai topik tertentu, maka jauh lebih baik kalian menentukan domain bebas saja.

Disamping masalah knowledge anda kepada topik, ada sejumlah kondisi dimana kalian lebih baik menyukai nama yang bebas saja, yaitu:

  • Blog kalian adalah blog yang terdiri dari berita campuran
  • Keywords utama kalian jumlah pencarinya jauh lebih minim dari keywords pembantu.

Bila kondisinya seperti di atas, kalian boleh memakai “brand” kalian menjadi nama URL. Hal itu pula akan berpengaruh kepada tahapan optimasi SEO Off-Page kalian nantinya.

Buat Blog Yang SEO Friendly Dengan Mengaktifkan Fitur Meta Description

Usai kalian memilih nama domain, maka sudah waktunya tuk membangun blog kalian. Harap diperhatikan bahwa ketika membangun blog, jangan lupa mengaktifkan fitur meta description.

Gunakan Template Blog SEO Friendly

Jelas saja tuk membangun blog yang SEO-friendly, blog kalian musti memakai template yang SEO-friendly juga. Tuk masalah ini terdapat dua opsi yang boleh kalian pilih, mendapatkan template SEO-friendly yang telah ada, atau edit template kalian saat ini jadi SEO-friendly.

Bila kalian mau memakai template SEO-friendly yang sudah jadi, maka kalian dapat memakai koleksi template blog SEO-friendly dari google koleksi template SEO-friendly yang lainnya.

Lakukan Optimasi On-Page

Usai struktur blog kalian memenuhi kriteria template blog SEO-friendly, maka sudah masanya tuk mengerjakan optimasi On-Page terhadap komponen dasar dari blog kalian. Berhubung optimasi SEO On-Page itu cukup panjang, nanti bakal admin bahas di artikel berikutnya. Jelasnya versi on-Page kali ini terdapat sejumlah perbedaan dengan On-Page yang lama.

Buat artikel blog yang memenuhi kriteria SEO-friendly

Di sini admin hanya ingin menekankan bahwa artikel yang kalian buat harus unik dan menarik, tidak sama dari yang sudah ada di dunia online. Kalau bisa, sebaiknya tulislah artikel yang berdurasi panjang dan detail, sebab hal itu bakal membantu kalian tuk memiliki banyak keywords.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *