Bisnis Online di Internet ~ Tahap 3. Merubah Pengunjung Menjadi Konsumen

Ada sebagian hal yang musti dilakukan tuk mengubah pengunjung web menjadi konsumen. Baik itu dengan mendesain halaman produk supaya menarik atau dengan membangun landing page tuk produk atau jasa anda maupun dengan membangun sebuah halaman sales letter. Apapun itu anda musti sanggup membuat suatu halaman web yang persuasif (mengajak).

Singkat cerita, semua ini kendalanya problem desain dari halaman web anda. Didalam hal membangun desain ada 3 hal yang harus anda pahami dari setiap elemen, seperti:

Posisi, warna, dan ukuran. Sekarang coba anda ketahui ketiga faktor disamping dengan menyimak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Posisi Elemen 

Posisi tiap elemen halaman ialah sesuatu yang paling penting didalam mendesain website bisnis online. Coba anda pahami website-website yang dibangun dengan maksud komersil. Seluruhnya mempertimbangkan penempatan elemen “penghasil uang” mereka didalam halaman. Kala itu adalah website yang membidik klik iklan, maka anda bakal melihat iklan mereka ada di awal artikel, dan di pertengahan.

Hal itu bukanlah penempatan yang tak disengaja. Seluruhnya mempelajari tentang karakter manusia dalam mempelajari halaman web. Mata manusia dengan refleks menerjang daerah-daerah tertentu misalnya judul, kemudian istirahat sejenak setelah cukup membaca di pertengahan artikel. Jadi itu merupakan tempat terbaik menempatkan elemen penarik perhatian dari pengunjung halaman website.

Yang jadi problem sekarang ini ialah apa elemen yang menarik perhatian terhadap website bisnis online yang menyediakan produk? Umumnya elemen itu merupakan image, tapi image seperti apa? Bila produk anda merupakan produk barang, maka jelas saja pengunjung mau secepatnya melihat barangnya lebih dulu. Jadi perkirakan anda menaruh image dengan kualitas yang sangat baik dan cukup besar hingga pengunjung bisa dengan nyaman menyaksikan image dari produk.

Mengapa image produk senantiasa ditempatkan di awal? Sebab otak manusia bekerja semacam itu. Manusia mendapatkan barang dengan mata kemudian bertanya detail mengenai barang tersebut. Bila apa yang dipandang mata tak sesuai keinginan, maka mereka tak akan bertanya lebih lanjut.

Sebagaimana yang telah anda ketahui bila anda masuk ke sebuah toko seperti itu halnya? Anda mendapatkan produk yang anda ingin lebih dulu dan setelah itu baru anda menanyakan detail produk itu ke penjual? Tidakkah anda kecewa jika anda belum mendapatkan barang anda penjualnya kerap sibuk mempromosikan barang-barang yang sama sekali tak ada di otak anda. Jadi serupa dengan bisnis online, sedapat mungkin anda menempatkan gambar produk di awal supaya pengunjung bisa cepat berminat atau mecetak keputusan apa memang itu produk yang mereka cari.

Usai anda mengenal bagaimana cara mengelola posisi, maka hal berikutnya perlu mengetahui bagaimana cara mengelola tingkat daya tarik dari tiap elemen. Bila anda bingung dan tak tahu maksudnya, maka bahasa simpelnya adalah anda yang mengatur apa yang bakal dilihat dan dibaca oleh pengunjung halaman website anda.

Seperti apa langkah mengatur arah pandangan mata dari para pembaca halaman web anda? Gampang saja, di sini waktunya anda bermain-main dengan ukuran dan warna dari seluruh elemen di halaman anda

Warna Elemen

Usai anda mengatur posisi dari tiap elemen, maka anda harus memberikan warna yang unik dari warna standar di halaman web anda tuk komponen-komponen yang anda inginkan dilihat oleh semua pembaca. Sejumlah elemen umum yang diberikan warna berbeda, merupakan harga produk, tombol ajakan membeli, dan fitur-fitur dari produk.

Ukuran Elemen

Hal ini pula amat penting, disamping ukuran gambar musti nyaman dilihat mata, anda pun harus pasang teks yang sedikit besar demi hal-hal yang anda mau mendapat perhatian dari pembaca. Jadi singkat kata, anda dapat mengatur apapun yang dipandang oleh pembaca dengan pasang teks yang sedikit besar dan warna background  yang tidak sama dari theme website. Elemen yang ditampilkan akan terlihat kontras dari elemen lain akan dilihat oleh pembaca.

Andai anda sudah paham 3 rule dasar tadi, maka anda sudah boleh belajar tuk membuat halaman produk ataupun landing page tuk produk dan jasa yang anda berikan. Jangan sampai anda menghandalkan halaman yang terkesan seperti kertas koran tuk mendapatkan uang dari internet, anda bakal melewatkan sangat banyak peluang mecetak keuntungan bila anda mengabaikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *