Apakah SEO Masih Relevan?

Untuk anda yang tengah mulai memperdalam ilmu SEO, mungkin anda bakal menelan banyak kebingungan di awal pelajaran SEO anda; sebab anda belajar SEO dari tidak sedikit sumber internet atau pengalaman dari para web master. Di satu sisi anda bakal tahu bahwa anda wajib melakukan SEO supaya website yang anda bangun mampu berada di ranking Google utamanya rankink 1 dan memperoleh trafik. Di sisi lain anda bakal melihat jika banyak yang berpendapat SEO itu mati secara perlahan.

Sebagai pembuka, anda musti tahu bahwa selama tengah ada rivalitas antara pengembang website maka SEO tak pasti pernah mati. SEO itu bukan untuk menaklukan Google, tetapi tuk menekuk website lain dan untuk “merebut hati” sang search engine Google. Jadi SEO tersebut selalu mengenai cara merebut hati Google, dan itulah yang harus anda pelajari ketika anda belajar SEO.

Yang jadi masalah ialah “hati” dari Google tersebut makin lama makin kompleks dan kian menyerupai seperti cara manusia memilih. Jadi sebetulnya anda musti belajar menyiapkan website sehat, bukan sekedar untuk setahun atau dua tahun tapi untuk jangka panjang. Suatu website yang tak terpengaruh dengan perkembangan algoritma.

Merencanakan Website Yang Akan Anda Buat

Sebelum anda membuat websit, maka anda sangat di sarankan menyadari bahwa website yang ketika ini bertahan di internet dan jadi pundi-pundi uang tuk pemilik webnya ialah website yang direncanakan secara matang, dibangun dengan harapan untuk membantu tiap orang yang berkunjung ke halaman web tersebut, dan web yang tentu menjadi kegembiraan atau gairah dari para pemilik web itu sendiri.

Ada banyak sekali pemilik website yang membangun web dengan harapan blogging for money dan kesudahannya mereka tak melihat uang itu sekalipun. Justru mereka yang membangun website sebab didominasi oleh gaya mereka di bidang itu yang pada akhirnya menikmati uang dari website mereka.

Mereka yang 100% blogging for money kerap berpikiran tuk mendapatkan trik apa lagi yang boleh memboyong uang dengan mudah tuk mereka sendiri, tapi pada akhirnya uang itu tak pernah mudah didatangkan. Terlebih lagi algoritma search engine, khususnya Google, makin kompleks, trik yang bekerja satu tahun lampau sudah tak dapat dilakukan lagi sekarang ini. Jadi mengapa tak mulai fokus membangun website yang super sehat?

Jika anda mau membuat website yang sehat, satu hal yang harus anda punyai menurut Andre dan Hesty di acara Pagi-Pagi Net TV ialah NIAT. Niat apa? Pasti saja niat tuk bekerja. Hingga bosan admin melihat orang yang beranggapan dapat kaya raya secara instant dari internet. Di mana-mana hal itu jika anda mau kaya, profesional lah dalam suatu hal. Jadilah yang berkelas di suatu bidang , dan orang bakal mencari anda dengan keperluan sendirinya.

Jadi apa favorit anda? Atau apa bisnis anda secara konvensional atau online? Buatlah website dengan sikap yakin kalau website tersebut bakal jadi salah satu tool marketing anda ke depannya. Tetapi jangan mimpi hal itu akan terjadi dalam 2 bulan atau di waktu dekat, apalagi bila anda terletak di pasar yang rivalitasnya tinggi.

Ada 3 hal yang musti anda usahakan sebelum website anda jadi tool marketing yang baik tuk anda.

  1. Bangun website yang SEO siap dan disukai oleh Google nantinya
  2. Rajin menghiasi web dengan konten yang relevan
  3. Bangun website anda terkenal di dunia maya

Hal itu jika anda ingin memperoleh trafik dari search engine. Jelas saja ada cara lain tuk memperoleh trafik dari internet, dan satu dari sekian banyak yang cukup populer ialah social media marketing. Tetapi hal ini akan admin bahas dalam sesi yang terpisah.

Saat ini anda akan mencoba tuk memilah apa saja yang sebagai favorit anda, atau apa saja produk yang mau anda promosikan di internet. Apa anda gemar berolahraga? fotografi? atau musik? atau lainnya? Buatlah list apa yang anda gemari dalam selembar kertas. Usai itu cobalah tuk memilih mana yang sangat anda gemari di antara itu semua.

Jika anda berjualan produk, maka anda musti memilih produk mana yang sangat anda gemar dan anda jamin akan membajak keuntungan besar bagi anda. Admin sangat menyarankan anda tuk membangun website yang berkonsentrasi terhadap satu produk terlebih dahulu. Sebab bila anda menjual banyak produk, maka anda bakal membuat websitenya tak fokus pada keywords tertentu, dan hal itu berarti anda musti bekerja lebih keras tuk mengangkat semua produk tersebut.

Hal ini ialah pelajaran utama yang admin dapati dalam SEO bahwa makin banyak berbagai niche yang ingin admin kuasai, maka kendala SEO jadi berlipat-lipat. Jauh lebih mudah beli 10 domain berbeda dan tiap domain menjual satu produk tertentu, dibandingkan membeli 1 domain dan mencoba jual 10 produk tidak sama yang sama sekali tak ada hubungannya di dalam satu domain tersebut.

Jadi berapa banyak topik yang mau anda buka di website? Berapa banyak berbagai produk yang mau anda jual? Maka sebanyak itu pun website yang harus anda bangun. Walaupun anda ingin menjual seluruhnya di bawah satu domain yang berlaku sebagai brand anda, maka anda harus sangat rajin melaksanakan update, supaya tiap kategori produk memiliki banyak sekali postingan di dalamnya. Buatlah website anda jadi semacam Tokopedia atau Lazada.

Belum sanggup? Bila anda merasa belum sanggup menjalankan update sebanyak itu, maka akan jauh lebih gampang untuk anda bila anda membangun tiap produk dalam satu domain dari masing-masing darinya.

Menentukan Nama Domain

Banyak yang menyebutkan bahwa nama domain yang berisi keywords itu bahaya. Oleh karena itu ketika mereka kursus SEO mereka menjajal terhindar dari keywords. Tapi kenyataannya ialah website-website yang muncul di Google tuk keywords yang komersil merupakan website yang menggunakan keywords didalam nama domain mereka. Jadi sebetulnya tak masalah bila anda ingin menggunakan keywords didalam nama domain anda, sepanjang anda dapat menjamin jika nama domain itu memang cocok dari kontennya.

Jadi silahkan saja anda menggunakan keywords didalam nama domain semacam: designadifriederich.com atau tangerangbycycle.com selama anda tentu bisa unjuk gigi bahwa website yang anda bangun cocok untuk hal seperti itu.

Yang salah ialah ketika anda memakai nama tangerangbycyle.com tapi yang anda jual merupakan smartphone. Sudah pasti nama domain tersebut akan jadi penghambat anda tuk memperoleh pengunjung yang sedang membutuhkan smartphone.

Untuk menyeleksi nama domain, anda boleh ke website penjual nama domain, dan masukkan dengan mengetik nama domain yang anda inginkan tuk melihat apa nama domain tersebut tersedia tuk anda ataupun tidak.

Penjual nama domain sangat banyak, contohnya ketik saja keywords di Google “Domain Murah” atau ” Domain Bagus” pasti banyak referensi yang akan didaptkan disana seputar domain.

Kenapa harus memiliki nama domain? Apakah dengan menggunakan domain gratisan dan subdomainnya tak cukup? Sebetulnya itu cukup bila anda kejar keywords yang tak terlalu berat rivalitasnya. Tetapi bila persaingan keywordsnya telah masuk ke rivalitas yang berat, maka domain blog gratisan, normalnya sulit bersaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *