Apa itu SEO? Dan Cara Kerja SEO 2016

SEO merupakan sekumpulan rutinitas yang dikerjakan tuk memenuhi standard dari kualitas search engine, supaya halaman sebuah web dapat merengkuh posisi pertama di SERP dengan menaklukan semua kompetitor di suatu keywords tertentu.

Keywords ialah semua hal yang digunakan orang di saat mempergunakan Search engine. Usai keywords diketikkan, Google bakal menampakkan SERP yang dibutuhkan oleh penggunanya. Mereka yang mengerjakan SEO mau memperoleh trafik dari Google dengan menaklukkan keywords tertentu yang dapat mengantarkan trafik ke web yang dioptimasi.

Tuk dapat mendapat trafik dari google bukan hal yang ringan, sebab Google bisa menyediakan 7-10 tempat di halaman pertama. Tapi web yang memberikan informasi yang sama dapat sampai mencapai jutaan. Jadi hanya lantaran dapat membangun sebuah blog atau website, tidak berarti anda bakal mendapatkan trafik dengan cepat dari Google.

Kenapa Google Selalu Menonjol Di Dalam SEO?

Mengapa dari tadi hanya membahas Google? Untuk permulaan didalam aktivitas belajar SEO anda, harus diinfokan jika 68% pencarian di dunia yang sedang kita bicarakan ini dilayani oleh search engine Google. Hal itu disebabkan Google memiliki algoritma yang sangat berkembang sekarang ini dan sanggup memberi hasil yang makin relevan dan up-to-date.

Search engine lain masih banyak yang menerapkan kondisi usia halaman hingga halaman-halaman yang baru sukar memperoleh peringkat di dalam SERP mereka. Hal tersebut menjadikan Google digemari oleh para pencari dan pembuat web atau sering disebut web master.

Bagaimana Cara Kerja Google dan Mesin Pencari Lainnya?

Google dan search engine lainnya bergerak melalui 3 tahapan, yaitu:

Perayapan, pengindeksan, dan penyajian hasil pencarian. Tuk poin pertama dan kedua search engine Google beserta search engine lainnya menghandalkan apa yang dianggap sebagai robot. Sedangkan untuk poin ketiga mereka mempergunakan karangan algoritma tuk melakukannya. Anda musti mengenal apa itu robot dan apa itu algoritma.

Apa itu Robot Search Engine?

Robot search engine ialah program yang dibangun tuk mengunjungi halaman website, merayapi seluruh isi halaman web itu sendiri, memetik data, mengunjungi setiap link pada halaman web tersebut, dan mengulang semua proses tadi pada halaman web yang dibuka via link-link tadi.

Kurang lebih cara kerja search engine tersebut mirip ketika anda mengunjungi suatu halaman website dan membacanya kemudian klik link-link lain di halaman itu tuk membaca halaman-halaman yang lainnya. Bedanya ialah Google mengerjakannya dengan mempergunakan Googlebot program yang merupakan sekumpulan besar set komputer yang mengerjakannya dalam speedity yang jutaan kali kecepatan anda.

Kenapa Diperlukan Perayapan?

Perayapan disini artinya Googlebot mengunjungi seluruh halaman website yang dapat dikunjungi, dan maksudnya ialah mengumpulkan data dari halaman-halaman itu ke system index Google. Data di dalam index itulah yang dihidangkan ketika anda mengerjakan penelusuran.

Server-server Tempat Data Semua Halaman Web Disimpan

Jadi tuk mengkonfirmasi halaman web anda entrance kedalam daftar SERP Google, maka halaman web tersebut harus masuk kedalam index dan demi masuk kedalam index anda musti mengkonfirmasi halaman web anda dapat dirayapi oleh Google.

Jalan terbaik tuk mengkonfirmasi itu ialah memiliki banyak link dari halaman-halaman yang telah terindex yang mengacu kepada halaman web anda. Link-link dari website yang lain yang menuju kearah halaman web anda ini kerap dijuluki backlink.

Sebelum anda mendapatkan banyak link tuk mengkonfirmasi perayapan, maka lebih dulu anda musti meyakinkan halaman web anda hanya dirayapi. Mubazir saja jika banyak backlink tapi halaman anda tak bisa dirayapi.

Untuk Yang Satu Ini Anda Bisa Mencoba Fitur Google Webmaster Tools, Yaitu Fetch As Google.

Sebelum mengerjakan fetch, pastinya website anda musti sering terhubung ke web master tools. Untuk pengguna blogspot tak perlu repot, sebab blogspot telah terhubung secara otomatis dengan web master tools dari Google. Yang harus melaporkan websitenya ke google web master tools ialah yang memiliki website di luar dari produk google.

Mendaftar Webmaster Tools

Hal ini pun merupakan tahap-tahap vital dalam belajar SEO, yakni tahu cara daftar di web master tools. Kenapa penting? Mengingat tools menyediakan tidak sedikit informasi mengenai bagaimana Google melihat website anda. Google Web master Tools hampir senantiasa dilibatkan dalam penyelesaian masalah bila website anda menelan penurunan dari SERP Google.

Untuk melakukan pendaftaran anda cukup melakukan login ke akun Google anda. Setelah anda melakukan login, lakukan seperti:

  • Klik tombol “ADD A PROPERTY”
  • Akan ada popu up, masukan url anda
  • Akan muncul cara verifikasi lengkap dengan walktrough nya.

Download file html yang anda butuhkan di link nomor 1, upload file itu ke root dari pada website anda (dapat menggunakan CPanel). Konfirmasi jika file telah diupload dengan klik link nomor 2. Lalu, klik tombol verifikasi dan selesai.

Bagi member wordpress yang tidak mau menggunakan Cpanel dapat mengusung ALTERNATE METHODS dan melakukan kode meta yang dapat dimasukkan ke bagian….dari themes dengan menggunakan bantuan plugin SEO semacam YOAST, dan semacamnya. Jika tak tahu caranya, coba browsing”cara verifikasi webmaster tools Yoast”.

Tiba masanya anda telah dapat memakai fetch as Google tuk menguji apa googlebot dapat merayapi halaman website anda.

Masuk ke web master tools anda di search console lalu klik link tuk nama website yang baru saja anda verifikasi. Bakal muncul dashboard tuk web itu sendiri, dan di bagian sidebar kiri ada menu CRAWL/PERAYAPAN. Klik di menu tuk menyajikan submenu FETCH AS GOOGLE alias AMBIL SEBAGAI GOOGLE.

Biarkan saja kolomnya sunyi tuk mengerjakan fetch di homepage. Klik Fetch dan perhatikan apa proses FETCH complete. Bila gagal, kemungkinan Google bermasalah dalam melakukan indeks. Penyebabnya banyak, namun yang kerap terjadi ialah robot diblokir oleh server host secara tak sengaja.

Memblokir Robot Search Engine

Ketika anda belajar tentang SEO, anda wajib mengetahui bahwa anda perlu mampu menguasai perayapan robot search engine di halaman anda. Mengapa demikian? Sebab ada halaman-halaman yang musti anda hindari tuk dirayapi oleh robot search engine.

Halaman-halaman yang menggunakan title tag yang serupa dan meta description yang mirip semacam halaman versi lain dari html, dapat merusak dari kualitas website anda bila sampai terindeks oleh Google. Mengapa dapat merusak kualitas? Hal tersebut disebabkan kemunculan duplikat title tag dan duplikat meta description didalam website anda. Tuk mengatasi hal itu anda dapat memakai robots.txt tuk mengelola robot search engine.

Tidak cuma halaman yang berpotensi jadi duplikat, jelas anda pun tak mau halaman admin anda hingga masuk ke dalam index Google.

Ingat, yang perlu anda kerjakan cuma memblokir halaman-halaman yang tak anda mau tuk dirayapi. Halaman-halaman yang anda mau tuk dirayapi oleh search engine tak membutuhkan setting apapun, sebab perayapan itu merupakan nilai default. Jika tak dilarang, mereka akan merayap.

Memerintahkan Noindex Kepada Robot Search Engine

Ada halaman yang tak boleh diblokir namun juga tidak untuk diindex. Mengapa tak diblokir saja? Sebab didalam halaman ini terdapat link, jadi halaman tersebut menyalurkan poin dan bila diblokir maka poinnya pun akan segera hilang. Halaman-halaman seperti itu umumnya ada di halaman kategori dan label.

Bila memang halaman kategori dan label menyalurkan poin, mengapa harus setting noindex? Sebetulnya tak seluruh halaman kategori dan label wajib di noindex, hanya halaman-halaman yang memiliki duplikat title dan meta yang musti dibuat noindex. Bila halaman kategori dan label anda tak menimbulkan duplikat title dan meta, maka biarkan saja.

Tuk membangun halaman-halaman semacam noindex, maka anda dapat memasang meta robots noindex di halaman-halaman seperti itu. Tapi tuk kala ini anda tidak perlu mengerjakan apapun. Nanti dapat anda kerjakan di tahapan optimasi SEO On-Page.

Algoritma Google

Algoritma Google merupakan bagian bergengsi dari belajar SEO. Kala ini ada 3 Algoritma yang jadi fokus utama didalam mengerjakan SEO, yakni:

  • Hummingbird
  • Panda
  • Penguin

Algoritma hummingbird tersebutlah yang memperhatikan relevansi halaman website anda dengan keywords yang anda targetkan. Halaman yang di result oleh hummingbird ialah halaman-halaman web yang telah lolos result algoritma panda dan algoritma penguin. Yang mana panda memperhatikan kejernihan dan unsur spam dari On-Page sebuah halaman web, akan tetapi penguin menilai keunikan dan karakteristik dari backlink yang direngkuh oleh sebuah halaman website.

Semua algoritma search engine Google ini tak akan dibahas di sini, sebab pendalamannya bakal dibahas di SEO On-Page, dan SEO Off-Page.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *