Apa itu External Link dan Pengaruhnya Pada SEO?

External link memiliki pengaruh kuat terhadap SEO sebuah blog, hanya saja musti dibahas apa pengaruh negatif? ataukah pengaruh positif? Jadi kali ini admin bakal mengupas problem tersebut dari sudut pandang yang admin pahami.

Apa itu external link?

External link merupakan suatu link yang anda pasang di suatu laman web anda yang menuju kearah domain atau blog beda selain blog anda. Hal ini kebalikan dari internal link yang sekedar menuju halaman lain didalam domain atau blog yang sama.

Pengaruh External Link Pada SEO

External link mengurangi pagerank?

Sudah dijadikan sebagai aturan dari Google, bahwa external link bakal memberi link juice ataupun poin penambah Google pagerank, pada laman yang dituju, bila external link itu merupakan dofollow. Hanya saja yang kerap dikonsepkan keliru oleh blogger Indonesia, ialah external link tersebut akan dengan langsung meminimalisasi poin Google pagerank dari laman tempatnya terpasang dan jika hal tersebut benar, maka pengaruhnya terhadap SEO akan amat jelas negatif.

Namun tak seperti itu, hanya lantaran di halaman anda ada external link hal itu sama sekali tak mempunyai arti pagerank anda bakal kurang. Untuk memudahkan sahabat mengerti ini admin akan menulis contoh dengan hitung-hitungan kasar saja, dan melupakan faktor redaman.

Anggap saja sahabat memiliki suatu homepage Page Rank 6, dan sahabat memberi INTERNAL link kearah dua laman artikel yakni A dan B, maka berapa poin yang akan didapatkan tiap masing-masing laman di artikel? Sudah jelas poinnya ialah 3….. Jadi bila halaman A dan B, masing-masing memperoleh 3 poin, apa sekarang halaman homepage bakal berkurang Google pageranknya?

Tidak, pageranknya tetap saja 6. Kini pertanyaannya apa yang pasti terjadi bila pada homepage itu dipasangkan 4 EXTERNAL LINK? Apa pagerank dari homepage bakal berkurang? Masih saja pagerank homepage tak berkurang, yang jadi masalah saat ini ialah pagerank yang diberi ke laman artikel yang bakal berkurang…. hingga tiap halaman artikel hanya bakal mendapat 1 poin saja.

Jika keadaannya seperti di atas, maka tentu saja homepage tak akan mendapati perubahan poin pagerank sedikitpun.

Kondisi yang akan menjadikan pagerank Homepage berkurang

Di lain hal bila ternyata separuh dari pagerank yang ada di homepage bersumber dari halaman artikel juga. Hal itu akan menjadikan terjadinya loop yang bakal continue mengurangi pagerank homepage sebab adanya external link.

Belum paham? Pikirkan saja bila external link memungkinkan poin ke artikel berkurang. Poin artikel yang ada adalah satu dari sekian banyak penyumbang pagerank homepage jadi kecil, maka pastinya pagerank homepage pun turut mengecil. Pagerank homepage yang mengecil ini tengah terbagi lagi ke external link, dan hal itu berarti poin halaman artikel jadi lebih kecil terus, jika hal ini diputar lagi ke homepage, anda bakal tahu cerita berikutnya seperti apa.

Hal ini seperti yang admin bahas di artikel Apa itu Google Pagerank dan Cara Menghitungnya…

Tuk seluruh putaran perhitungan, Google Pagerank tersebut dinilai cuma dari link yang entrance dan tidak dari link yang out. Namun berhubung hal ini merupakan literasi yang melingkar kemudian jumlah link yang out tadi bakal kembali berpengaruh terhadap nilai dari masukannya.

External Link Membuat Poin Relevansi Homepage akan berkurang?

Hal itu hanya akan terlaksana jika external link itu menuju kearah halaman yang tak berkaitan dengan themes atau topik yang dibahas. Bila menuju halaman yang terbilang cocok, maka relevansinya tak bakal berkurang. Justru poin relevansinya menguat bila halaman ini merekomendasikan halaman yang setingkat lebih berotoritas alias tulisannya kian berkualitas.

Jadi external link yang berkualitas tak mempengaruhi pagerank, tetapi berpengaruh terhadap relevansi, dan tingkat terpercayanya sebuah halaman. Hal itu berarti, external link yang berkualitas bakal memberi hasil positif terhadap SEO sebuah blog.

External Link Yang Relevan dan Otoritas Tinggi Tak Selalu Menguntungkan

Jangan karena hal yang menjadikan external link yang relevan dan otoritas tinggi terlihat menguntungkan, akhirnya sahabat “lebay” dalam mempergunakannya. Jangan lupa kepada fakta jika poin yang diberi ke halaman-halaman anda pribadi akan berkurang bila ada banyak sekali link external.

Kalau homepage memperoleh pertambahan pengunjung bisa diterima, namun bagaimana jika jumlah pengunjung ke halaman-halaman postingan berkurang secara drastis? Anda tentu akan buntung juga akhirnya.

Cara Untuk Mencegah Berkurangnya Pengujung Yang Disebabkan Oleh external link

Seandainya saja internal link ada 100 dan external link hanya ada 4, maka kisahnya dapat jadi lebih bagus. Jelas saja dengan catatan 100 halaman artikel anda itu juga silih interlinking. Jika link kearah halaman internal lebih banyak dari pada halaman external, maka cukup pasti aliran pagerank didalam blog sendiri mampu jauh lebih terawat.

Dengan begitu sahabat dapat memperoleh angka relevansi dan trust dari external link, tidak khawatir jatuhnya pagerank halaman-halaman lain dengan berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *